10 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Ke Sabang | Wisata Aceh

Wisata Aceh – Sebagai kota paling barat di Indonesia, Sabang tawarkan banyak aktivitas seru untuk wisatawan. Dari mulai wisata alam hingga kuliner, 10 hal semacam ini harus Anda kerjakan waktu bertandang ke Sabang serta Pulau Weh!

Beberapa hal menarik yang dapat dikerjakan di Pulau Weh, serta Sabang sebagai kota terbesarnya. Lokasi paling barat Indonesia ini miliki banyak wisata seru yang sayang untuk ditinggalkan. Jikalau Anda mempunyai saat singkat, minimum kerjakanlah 10 hal semacam ini di Sabang :

source: instagram.com

1. Berkunjung ke Titik 0 Km Indonesia 

Untuk Anda yang begitu cinta dengan Republik Indonesia, tugu yang satu ini dapat jadi kebanggaan sendiri. Berkunjung ke titik 0 Indonesia jadi narasi seru yang tidak bakal terlupakan, terlebih kita dapat memperoleh Sertifikat Km 0 yang di tandatangani segera oleh Walikota Sabang.

Tugu ini berjarak lebih kurang 29 km dari pusat Kota Sabang, dengan saat tempuh lebih kurang 1 jam 30 menit apabila memakai kendaraan. Tugu setinggi 20 mtr. itu berwarna krem serta merah muda dengan simbol Garuda yang tengah menggengam angka 0 di puncaknya. Di lantai 2 tugu ada 2 buah prasasti, yang di tandatangani Menteri Penelitian serta Tehnologi/Ketua BPP Tehnologi BJ. Habibie, pada 24 September 1997.

Berisi menerangkan kalau penetapan posisi geografis Km 0 Indonesia itu diukur beberapa ahli BPP Tehnologi dengan memakai tehnologi Global Positioning Sistem (GPS). Sesaat prasasti ke-2 menerangkan dalam angka posisi geografis Km 0. Yang tentu janganlah lupa untuk mengabadikan peristiwa ini memakai kamera. Cari posisi dibagian barat tugu untuk memperoleh bentuk tugu keseluruhnya.

2. Snorkeling serta diving di Iboih 

Tidak komplit ke Pulau Weh tanpa ada coba snorkeling atau diving di Iboih. Gampong Iboih memanglah populer dengan wisata baharinya. Ada 3 tempat sebagai primadona kunjungan wisatawan di Iboih, yakni Pantai Teupin Sirkui, Pantai Pulau Rubiah serta Pantai Gapang. Untuk sekali snorkeling sepuasnya, wisatawan cuma dipakai Rp. 45. 000 saja. Alat yang disewakan berbentuk snorkel, pelampung serta fin.

Sedang untuk sekali menyelam, wisatawan dipakai tarif sebesar Rp 400. 000 komplit dengan instruktur. Untuk penyelam pemula mesti memperoleh teori basic mengenai manfaat peralatan menyelam sepanjang lebih kurang 20 menit oleh sang instruktur, atau yang lebih di kenal sebagai ‘buddy’.

Sesudah memahami, awalilah untuk bersiap-siap lakukan latihan basic menyelam dengan kedalaman sekitaran 2 mtr.. Sesudah punya kebiasaan bernapas memakai mulut dibawah air itu berarti telah dapat untuk meneruskan ke tingkat setelah itu. Namun janganlah sekali-kali diving sendirian, upayakan buddy senantiasa temani saat diving. Hal semacam ini untuk kurangi resiko yang mungkin saja berlangsung sepanjang diving.

3. Mencicipi rujak buah Pulau Klah 

Terkecuali populer kelezatannya, sebagai daya tarik rujak Pulau Klah yaitu panorama segera menuju Pulau Klah dengan hamparan laut yang berwarna hijau serta biru, oleh karena itu rujak itu dikatakan sebagai rujak buah Pulau Klah meskipun tak ada di Pulau Klah.

4. Makan sate gurita serta mie jalak 

Sate Gurita Sabang
Sate Gurita

Mie Jalak Sabang
Mie Jalak Sabang

Apalah makna berlibur tanpa ada wisata kuliner. Di Sabang, terdapat banyak makanan yang harus dicicipi juga disukai orang-orang serta wisatawan. Dua salah satunya yaitu Sate Gurita serta Mie Jalak.

Sate gurita ini terhitung masakan khas Sabang yang belum lama diketemukan, tetapi keberadaannya kerap di cari oleh warga serta wisatawan. Sate gurita ini pada intinya sama juga dengan sate umum, dengan bumbu kacang atau bumbu padang. Yang jadi daya tariknya yaitu daging gurita yang dimasak lembut serta bumbunya meresap hingga kedalam. Untuk seporsi sate gurita cuma dikenai Rp 10. 000 saja.

Mie jalak adalah masakan khas Sabang yang telah ada mulai sejak lama, adalah resep turun temurun mulai sejak jaman Belanda. Mie jalak ini dapat diketemukan di Toko Pulau Indah, di Jalan Perdagangan. Harga satu jumlah mie jalak cuma Rp 10. 000 saja.

5. Berkunjung ke Tugu Sabang – Merauke 

Kilometer Nol Sabang

Terkecuali tugu Km 0, Sabang mempunyai tugu yang bersejarah yang lain yakni Tugu Kembar Sabang Merauke. Diberi nama Tugu Kembar Sabang Merauke lantaran tugu ini yang mempunyai persamaan dengan tugu yang ada di Sota, Papua. Disebutkan kembar, lantaran ada 2 tugu yang sama juga dengan lokasi yang tidak sama, satunya ada di Km 7, tugu Km 0 yang pertama, sedang satu lagi ada di pusat kota, di depan kantor Walikota Sabang.

6. Nikmati sunrise di Pantai Anoi Itam 

Untuk penggemar Matahari Terbit, panorama indah di Pantai Anoi Itam jangan pernah terlewati. Ada lebih kurang 11 km dari pusat kota, berikut pantai di lokasi timur Sabang. Diluar itu wisatawan dapat juga keindahan bawah lautnya. Terumbu karang yang ada di pantai berpasir hitam ini tak kalah menarik dengan terumbu karang yang ada di Iboih, cuma saja alat snorkel mesti dibawa sendiri.

7. Surga tersembunyi’ di Jaboi 

Menurut histori, Sabang datang dari kata Shabag yang berarti gunung meletus. Hal semacam ini dibuktikan dengan masihlah ada gunung berapi yang ada dibawah laut serta daratan, satu diantaranya gunung berapi Jaboi yang ada di Gampong Jaboi, lebih kurang 15 km dari pusat Kota Sabang. Di Gunung Berapi jaboi kita dapat lihat segera kawah yang masihlah aktif serta aliran air hangat yang mengalir di sekitaran kawah. Diluar itu kita dapat nikmati keindahan alam yang mengagumkan cantik dengan latar yang serba putih.

8. Sunset di Sabang Hill 

Untuk penggemar pemandangan matahari tenggelam, Sabang Hill jadi satu diantara tempat yang harus dikunjungi. Terkecuali nikmati sunset kita dapat juga nikmati panorama Teluk Sabang yang teduh, sembari nikmati satu gelas teh hangat di cafe hotel Sabang Hill. Bila mujur, wisatawan dapat lihat gerombolan lumba-lumba keluar dari teluk!

9. Berbelanja t-shirt di Kaos Piyoh 

Waktunya berburu oleh-oleh. Untuk wisatawan yang mencari kaos atau t-shirt dengan desain yang unik serta menarik dapat singgah di Piyoh Design, di Jalan Cut Mutia No. 11, Kota Atas. Toko ini sediakan bermacam cinderamata khas Sabang seperti pin, gantungan kunci, boneka, tas, stiker dan sebagainya yang bercirikan Kota Sabang. Mutunya bagus juga.

10. Oleh-oleh bakpia serta salak Sabang 

Bak Pia Sabang
Bak Pia Sabang

Siapa katakan bakpia cuma ada di Yogya? Anda dapat membawa cinderamata berbentuk bakpia serta salak Sabang. Bakpia Sabang populer lantaran mempunyai rasa yang enak, lembut didalam renyah serta gurih diluar. Ada beragam varian rasa seperti original, pandan, kopi serta durian. Harga perkotaknya cuma Rp 15. 000 saja. Wisatawan dapat memperolehnya di Bisa Jalan Perdagangan atau Pelabuhan Balohan.

Satu lagi yang harus dibawa pulang dari Sabang yakni salak. Salak hasil perkebunan Balohan ini mempunyai rasa yang renyah serta manis, diluar itu mempunyai bentuk yang lebih kecil di banding salak yang lain. Harga perkilonya cuma Rp 20. 000 saja, dapat diperoleh di Pelabuhan Balohan. sumur detik.travel.com

Leave a Comment