Home Feature 11 Tempat Wisata Aceh Yang Wajib di Kunjungi

11 Tempat Wisata Aceh Yang Wajib di Kunjungi

793
0
SHARE
Aceh yang sebelumnya disebut dengan nama Nanggroe Aceh Darussalam (2001-2009) adalah sebuah Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra. Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, karena alasan sejarah. Di sebelah utara, Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di sebelah barat, Sumatra Utara di sebelah tenggara dan juga selatan, Selat Malaka di sebelah timur.
 
Selepas musibah tsunami di Aceh tanggal 26 Desember 2004, derap jantung kota ini sempat terhenti. Namun seiring dengan pulihnya kegiatan ekonomi dan masyarakatnya, derap kehidupan dalam masyarakat pun ikut kembali pulih. Provinsi Aceh pun kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik. Banyak daerah wisata yang menyuguhkan ragam obyek wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lain yang ada di Indonesia. Nah, berikut ini 11 daftar info tempat wisata yang paling indah juga menarik di Aceh yang harus anda kunjungi.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama masjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid yang mengingatkan pada Taj Mahal di India.
 
Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Aceh yang banyak dikunjungi karena keindahannya. Situs Huffington Post memasukkan Masjid Raya Baiturrahman ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia, bahkan Yahoo! menyebut masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid terindah di dunia. Hal ini tentu saja semakin membuat bangga warga Aceh dan Indonesia. Sekarang Masjid Raya Baiturrahman sudah ada 12 payung elektrik seperti di Madinah.
 
Jika ingin membeli suvenir, Anda bisa datang ke Pasar Aceh yang terletak di belakang masjid. Setelah puas berkeliling, Anda bisa berwisata kuliner karena ada banyak penjual makanan di pasar ini.

2. Pantai Iboih, Sabang

Tak dipungkiri jika Aceh dianugerahi dengan pantai-pantai yang indah dan cantik. Pantai Iboih adalah salah satu pantai tercantik di sini. Pantai dengan pasir putih dan laut yang begitu jernih berwarna hijau toska atau biru cerah, ditambah dengan suasananya yang tenang akan menyempurnakan liburan anda.

Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving. Saat anda snorkeling, siap-siap anda akan terpesona dengan airnya yang bening. Jika anda belum puas bermain di dalam air, anda masih bisa menghabiskan waktu berpiknik di tepian pantai, di bawah nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah cahaya mentari.

3. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk ini memiliki pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Banyak orang datang untuk menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Terdapat banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, dan berjemur.

4. Museum Tsunami Aceh

Tempat wisata di Aceh yang pertama adalah Museum Tsunami yang menjadi tempat untuk mengenang peristiwa yang memilukan pada 2004 silam. Ratusan ribu orang tewas dan hilang, rumah porak-poranda, bangunan sekolah dan fasilitas umum rusak. Betapa peristiwa ini sangat memilukan bukan hanya bagi Indonesia, tapi bagi muslim sedunia.
 
Untuk anda yang mau berkunjung ke museum ini silahkan datang aja ke Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23243.
Berikut ini adalah beberapa ruangan yang akan dilalui ketika berada di Museum Tsunami Aceh :
• Lorong tsunami. Fasilitas pertama yang bisa anda lihat adalah lorong tsunami dimana di lorong tersebut anda bisa mendengar suara gemuruh air dan kucuran air yang mengingatkan tentang datangnya tsunami kala itu. Cahaya di lorong museum tsunami remang dan juga gelap, lorong itu juga sembab. Lorong itu disebut dengan space of fear yang menggambarkan ketakutan dari masyarakat Aceh ketika tsunami datang.
• Ruang kenangan. Ruangan yang kedua adalah ruangan kenangan yang penuh dengan memori, disini ada 26 monitor yang menjadi lambang bahwa kejadian tsunami itu terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Setiap monitor akan menampilkan foto dan gambar orang yang menjadi korban dari tsunami. Tampilan dan gambar tersebut akan disajikan di dalam monitor dalam bentuk slide.
• Sumur doa. Anda juga bisa melihat sumur doa yang memiliki bentuk silinder dan cahayanya remang. Tinggi dari ruangan itu 30 meter dan ada 2 ribu lebih nama yang menjadi korban dari bencana tsunami. Nama itu tertulis dan tertera dalam setiap dinding sumur doa tersebut. Filosofi dari ruang ini adalah kuburan masal yang ada setelah tsunami. Pengunjung yang masuk ke ruangan ini dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya.
• Lorong cerobong. Setelah melihat-lihat sumur doa, kita bisa melihat lorong cerobong yang didesain dengan lantai yang berkelok-kelok dan lantai yang tidak rata. Arti dari desain ini adalah menggambarkan ketakutan, kebingungan dan keputus asaan yang dialami oleh masyarakat Aceh setelah tsunami melanda. Masyarakat banyak yang bingung dengan arah yang akan diambilnya, kebingungan ketika mencari beberapa sanak saudara yang hilang, kebingungan karena kehilangan berbagai macam harta benda yang dimilikinya. Ruangan ini juga didominasi oleh lorong gelap yang nantinya akan membawa pengunjung menuju ke cahaya alami yang memiliki filosofi berupa harapan dalam kehidupannya.
• Jembatan harapan. Nah, setelah melewati semua itu, ada sebuah ruangan yang dinamai jembatan harapan. Disini anda bisa melihat tegaknya 54 bendera dari 54 negara yang ikut bersosialisasi dalam membantu masyarakat Aceh yang terkena tsunami. Di beberapa bendera yang ada di sana bertuliskan dengan kata “Damai” dimana ditulis berdasarkan dengan bahasa negara masing-masing. Kata damai itu merupakan refleksi dari perdamaian dari Aceh dari berbagai macam peperangan dan konflik yang terjadi sebelum tsunami menerjang. Adanya bencana gempa dan juga tsunami yang terjadi di Aceh dunia bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi Aceh saat itu dan negara itu membantu mewujudkan perdamaian yang ada di Aceh. Mereka juga turut serta dalam membangun kembali kota Aceh setelah bencana tsunami terjadi.
Bagaimana? Anda tertarik untuk menyambangi museum tsunami ini? Museum tsunami ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Aceh yang akan dikunjungi saat liburan kesini.

5. Danau Lut Tawar

Tempat wisata di Aceh selanjutnya adalah danau laut tawar yang letaknya ada di Dataran Tinggi Gayo kabupaten Aceh Tengah. Sebelah barat dari pantai ini adalah kota Takengon, kota Takengon merupakan ibukota dari Aceh Tengah.
Danau dengan luas sekitar  5.472 hektar dan panjangnya mencapai hingga 3.219 km ini menjadi salah satu destinasi wisata di Aceh yang sayang untuk dilewatkan.
 
Wisatawan bisa melihat danau ini dari Dataran Tinggi Gayo, dari dataran tinggi itu bisa terlihat betapa luasnya danau tersebut. Dengan pemandangan yang cukup indah, dirasa pengunjung tidak akan kecewa untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau bila di lihat dari ketinggian yang cukup menakjubkan.

6. Tugu Kilometer Nol Indonesia

Tugu Nol Kilometer menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang tidak boleh anda lewatkan. Biasanya mereka yang berkunjung ke Aceh menyempatkan untuk selfie-selfie di tugu ini sebagai kenang-kenangan bahwa mereka sudah menginjak titik nol Indonesia.
jadi, kurang lengkap rasanya kalau liburan ke Aceh tapi belum selfie di dengan background tugu ini. Lokasi tugu berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.
 
Jarak antara tugu nol kilometer dan Kota Sabang adalah sekitar 29 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 55 menit dengan menggunakan kendaraan motor.
Siapkan pose terbaik anda di titik ini.

 7. Goa Sarang Sabang

Kalau anda ingin liburan dengan menikmati pulau seperti pulau privat maka anda bisa menuju sekitar goa Sarang yang lokasinya masih ada di pulau Sabang.
 
Dari gambar di sebelah kita bisa melihat bagaimana keseruan bisa berenang dan mandi sepuasnya di sekitar goa Sarang yang airnya woow jernihnya.
Untuk mencapai goa ini memang butuh sedikit perjuangan, ditambah lagi belum ada papan petunjuk arahnya. Maka dari itu sebaiknya anda tanya-tanya kepada warga setempat agar tidak nyasar.
 
Anda harus melewati jalur trekking dengan kondisi jalan yang berbatu. Selain itu, kamu pun harus melewati tebing-tebing curam dan bebatuan karang. Perjuangan menuju ke lokasi Goa Sarang akan lunas terbayar begitu kita melihat keindahan yang memukau dari Goa ini dan air lautnya yang sebening kaca hijau toska. 

8. Pulau Banyak Aceh Singkil

Pulau Banyak Adalah Gugusan Pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil provinsi Aceh. luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 Ha. Pulau Banyak yang terdiri dari gugusan pulau- pulau berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera.
ada 99 buah pulau di gugus Kepulauan Banyak yang sangat layak dikembangkan menjadi objek wisata andalan. Termasuk keindahan alam bawah laut dan penyu hijaunya.
 
Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah, pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan Pantai-pantai lain di indonesia. Pasir putihnya lebih lembut, lambaian daun- daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Indahnya panorama Sunset juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan.

9. Puncak Gurutee

Gunung Geurutee Pesona Yang Menakjubkan Di Aceh. Puncak gunung geurutee adalah sebuah gunung yang terletak Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Puncak Gunung Geurutee, memang tiada duanya, indahnya bahkan lebih indah dari puncak wisata yang ada di indonesia lainnya. Pemandangan dari gunung geurutee sangat indah mempesona dan menakjubkan. Memang benar kata orang Keindahan Panorama Puncak Gunung Geurutee, Adalah Puncak Gunung Geureutee yang Menawan Hati bagi para pengunjung.
Menuju Gunung Geurutee dilakukan dengan perjalanan darat dari kota Banda Aceh sekitar satu setengah jam lebih. Kawasan ini kerap menjadi tempat persinggahan bagi yang melakukan perjalanan jauh. Tetapi ada juga yang sengaja ke sana demi menikmati pemandangan laut dari pinggir-pinggir tebing. Sambil menikmati makanan ringan dan segelas kopi panas akan membuat suasana semakin menyenangkan.
 
Panorama Puncak “Gunung Geurutee”, sebenarnya, lebih menggoda ketimbang Puncak Cisarua, Bogor. Dari ketinggian gunungnya mata Anda dimanjakan deburan ombak putih yang tak pernah letih berkejar-kejaran, saling berlomba menuju daratan pantai, laut dalam yang membiru, dan onggokan bukit yang indah. jika cuacanya cerah dan matahari mulai jatuh ke ufuk barat, bisa dipastikan Anda bakalan tak membiarkan sunset berlalu begitu saja. Itulah Puncak Gunung Geurutee, sebuah puncak yang mengalami perkawinan sempurna antara pegunungan terjal, hamparan sawah, kebun, laut, hutan, lembah, ngarai, dan teluk yang eksotik.

10. Lhok Seudu

Lhok Seudu di Aceh Besar menawarkan wisata bahari dan kuliner yang cocok untuk mengisi hari libur. Fasilitas wisata di sini juga lengkap, ada kapal boat kaca sampai restoran. Ayo mampir!
 
Berwisata Ke Aceh Besar memang tak bakalan bosan. Banyak destinasi yang ditawarkan Oleh kabupaten Aceh Besar yang memiliki alam nan indah. Lhok Seudu salah satunya.
Berada di Kawasan Kecamatan Leupung, Aceh Besar, wilayah ini menawarkan pesona baharinya yang indah dan menawan, membuat para wisatawan betah mengunjunginya.
 
Kegiatan yang bisa dilakukan di Lhok Seudu ini sangat beragam, dari rekreasi, hingga menyalurkan hobi seperti mancing, snorkeling, dan sebagainya.
 
Di sepanjang jalan kawasan Lhok Seudu ini juga banyak terlihat para penjual hasil laut yang khas, seperti ikan asin, teri, sampai gurita kering.
 
Namun bagi yang ingin ikan segar juga tersedia. Dimana di lokasi tersebut banyak para nelayan lokal menyandarkan boatnya dari laut membawa hasil tangkapannya.
 
Di hari libur banyak wisatawan yang menikmati kawasan wisata ini dengan berbagai kegiatan. Pengunjung juga bisa menikmati terumbu karang dari atas boat kaca yang telah dimodifikasi, kita langsung melihat ikan-ikan tanpa harus menyelam atau berbasah-basahan di dalam laut.
 
Bagi pecinta kuliner laut, di sini sangat cocok. Di salah satu warung atau cafe juga menyediakan ikan bakar yang bervariasi. Harganya juga beragam, tergantung ukuran ikan dan jenis ikan.

11. Pantai Ulee Lheue

Sunset Terbaik di Pantai Ulee Lheue
 
Pesona pantai Aceh tidak kalah dengan tempat-tempat lain seperti Bali, ditambah lagi pantai Aceh masih sangat natural yang mampu menghadirkan suasana alam segar dan bebas polusi. Bagi Anda yang sedang bertugas di Kota Banda Aceh maupun sekitarnya, silahkan menyempatkan waktu untuk menikmati pantai Aceh yang terkenal heroik dan eksotis ini. Destinasi pantai Aceh cukup menggiurkan hingga ke mancanegara, sebut saja pantai Lampuuk, pantai Lhoknga, pantai Pasir Putih, pantai Ulee Lheue, inilah sederetan pantai yang paling banyak diminati oleh turis dari belahan dunia manapun yang sudah singgah ke Aceh.
Pantai Ulee Lheue merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu sore. Pantai ini terletak di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Untuk menempuh ke pantai Ulee Lheue Anda tidak perlu kawatir, jalan akses menuju ke pantai ini cukup mudah untuk wisatawan yang berasal dari luar Aceh. Dari Masjid Raya Baiturrahman Anda akan menjumpai objek wisata Museum Tsunami, dari museum ke Pantai Ulee Lheue Anda cukup mengikuti jalan utama hingga bertemu dengan bundaran Ulee Lheue, selanjutkan belok ke arah kanan dan silahkan menikmati waktu rehat Anda.
 
Untuk dapat menikmati sunset di Pantai Ulee Lheue ini, Anda tidak perlu mengorek kocek biaya masuk. Dengan biaya masuk gratis, Anda dihadapka pada dua pilihan yaitu menikmati sore di atas batu-batuan atau sembari mengisi kekosongan perut yang menghadirkan jajajan sore seperti sate, jagung bakar, air kelapa muda, dan jajanan lainnya di sepanjang jalan pantai Ulee Lheue yang langsung menghadap ke arah laut.
 
Disepanjang pinggiran jalan menuju Ulee Lheue, kursi-kursi berbahan plastik tertata rapi berderet-deret dari gerbang masuk hingga ke penghujung. Di sini Anda dapat menghabiskan waktu hingga sunset menghampiri. Angin sore menambah suasana sejuk dan menyegarkan kembali pikiran setelah lelah juga penat beraktivitas selama bekerja.
 
Menikmati senja tidak harus sendiri, destinasi satu ini juga cocok dijadikan tempat hiburan bersama keluarga. Dari gerbang masuk utama, di sana tersedia permainan bebek dayung yang cocok untuk keluarga. Untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman atau sendiri Anda dapat memilih tempat di sepanjang pantai menuju arah ke gerbang pelabuhan Ulee Lheue, karena pantai satu ini menghadirkan destinasi yang sangat komplit.
 
Menurut saya, senja di pantai ini adalah yang terbaik dan penuh dramatis. Corak serta perpaduan warna senja antara jingga, emas, dan saga telah menjadikan pantai ini adalah tempat yang paling diburu wisatawan. Namun, saat cuaca tidak mendukung, sunset akan terlihat biasa saja, jadi semuanya kembali kepada kondisi alam. Meskipun begitu, pantai ini tetap indah untuk menghabiskan waktu sore Anda. Jadikan tempat wisata ini adalah objek favorit Anda, selain mudah dijangkau juga murah meriah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here