Home Destinasi Ikan Kerling Khas Aceh Jaya Yang Paling Di Incar

Ikan Kerling Khas Aceh Jaya Yang Paling Di Incar

0

Ikan kerling dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan ikan jurung. Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang paling digemari oleh sebagian masyarakat Aceh apa lagi warga Aceh Jaya. 
Untuk mendapatkan ikan kerling yang segar dan enak,anda dan keluarga bisa berwisata alam ke Kabupaten Aceh Jaya sambil menyantap keindahan wisata alam yang ada di berbagai pelosok desa pendalaman.


Diantara daerah yang sangat banyak kita dapat ikan kerling,anda bisa mengunjungi daerah pendalaman sungai diantaranya Kecamatan Jaya(Desa Pante Cermen),Kecamatan Sampoinet(CRU Ie Jeureungeh),Kecamatan Darul Hikmah(Desa Masen),Kecamatan Setia Bakti,Kecamatan Teunom(Desa Seumira) dan Kecamatan Pasie Raya(Desa Sarah Raya). 


Disaat anda telah mengunjungi ke daerah tersebut anda bisa memancing sendiri dan bisa juga mengajak warga setempat agar bisa menunjukkan dimana tempat yang sangat banyak ikan kerlingya.
Untuk anda perlu mengetahuinya,Ikan kerling hanya hidup di sungai-sungai air tawar yang deras. Tidak semua sugai di Aceh ada ikan kerling, sehingga harga ikan kerling sangat mahal. Satu kg bisa mencapai 70 ribu namun kalau di Aceh Jaya hampir semua sungainya ada dihuni ikan kerling. 


Sangking enaknya ikan kerling,para warga dan banyak memburunya baik untuk disantap sendiri maupun di bawa ke pekan(pasar) oleh warga dan biasanya kebanyakan warga di berbagai tempat di Aceh Jaya untuk mendapatkan ikan tersebut,warga menangkap ada dengan cara memancing, menjaring maupun dengan menjala-nya.

Selain Ikan kerling di Aceh Jaya juga ada ikan yang lebih mahal lagi yaitu ikan duloh,ini hanya ada di sungai Teunom(aliran krueng teunom) namun untuk mendapatkannya anda pasti sangat kesulitan karena ikan ini hanya ada setahun sekali atau enam bulan sekali,itupun sangat jarang di jual di pasar akan tetapi anda harus memesan pada para nelayan supaya ikan duloh tersebut di tinggalkan. 


Ikan ini rasanyapun berbeda apalagi harganya dibandingkan dengan ikan kerling yang sering anda beli dan dimakan,untuk ikan duloh yang paling enaknya bukan daging ikan akan tetapi telurnya yang membuat kita lebih selera dan harganya pun untuk satu ekor ikan duloh khas krueng teunom bisa mencapai 150 ribu sampai 300 ribu itu tergantung dari besarnya dan telurnya yang ada pada ikan duloh tersebut. 
Di akhir cerita,untuk mendapatkan ikan kerling dan ikan duloh di Aceh Jaya,anda tidak akan bisa di beli di pasar dan mencicipi di rumah makan karena ikan ini harganya mahal terus banyak sekali warga yang mengincarnya.

Nah, Manfaat ikan kerling sangat banyak :

  • Kaya akan protein
  • Dapat memperlancar peredaran darah
  • Baik untuk penderita kolestrol
  • Baik untuk menjaga kesehatan mata
  • Menjaga dan meningkatkan kekuatan serta struktur tulang
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Mencegah terjadinya gejala anemia
  • Melindungi jantung
  • Sebagai sumber energi
  • Tidak menyebabkan kegemukan atau obesitas


Mari berwisata ke Aceh Jaya sambil menyantap ikan khasnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here