Anda yang nikmati libur Lebaran di Sabang, Aceh, janganlah hanya nikmati keindahan alam bawah lautnya saja. 4 Kuliner harus yang ada disana harus juga dicoba.

Terkecuali harus dicoba wisatawan, kuliner ini yang juga buat kangen dengan kampung halaman. Meskipun Kota Sabang kecil, namun kota ini memiliki makanan yang khas serta tak dapat diketemukan di beberapa daerah lain.

Terkecuali harus dicoba wisatawan, kuliner ini yang juga buat kangen dengan kampung halaman. Meskipun Kota Sabang kecil, namun kota ini memiliki makanan yang khas serta tak dapat diketemukan di beberapa daerah lain.

from http://hijrahheiji.blogspot.co.id/

Tersebut 4 kuliner lezat khas Sabang :

1. Mie Jalak 

Mie Jalak

Seperti namanya yang unik, Mie Jalak ini mempunyai rasa yang unik juga. Anda dapat temukan mie ini di Toko Pulau Baru, Jalan Perdagangan, Kota Sabang. Nama Mie Jalak ini datang dari nama si pembuatnya pertama sekali, Pak Jalak.

Meskipun penampilannya simpel, cuma terbagi dalam Mie yang berwarna agak kekuningan, dengan kuah yang bening, ditambah kombinasi toge, daun bawang serta taburan daging ikan yang dipotong kecil-kecil berbentuk dadu, rasa-rasanya sangat nikmat. Untuk seporsi penuh Mie Jalak cuma butuh membayar Rp 10. 000 saja. Bila ada yang tertarik memberikan telur jadi Rp 12. 000.

Mie Jalak senantiasa ramai dikunjungi, baik wisatawan ataupun masyarakat Sabang sendiri. Toko ini buka mulai jam 08. 00-12. 00 WIB, serta kembali buka jam 16. 30-22. 00 WIB. Puncak penjualan ketika akhir minggu, bila telah hari ini, Anda mesti siap-siap mengantri serta beberapa berharap kuatir tak kebagian.

2. Sate Gurita 

Sate Gurita

Sate ini memanglah jadi makanan yang unik di Kota Sabang, lantaran memanglah hanya serta cuma ada di sini. Sebagai keunikkan dari Sate Gurita yaitu rasa dari daging gurita tersebut. Janganlah pikirkan daging gurita yang kenyal atau alot. Anda dapat rasakan daging gurita yang lembut, ditambah lagi dengan bumbu kacang yang cocok, ditanggung satu jumlah akan tidak cukup.

Untuk 1 jumlah Sate Gurita lezat ini kita cuma butuh membayar Rp 10. 000 saja. Sate ini umum di nikmati dengan lontong maupun nasi dengan alternatif bumbu yang tidak sama, Bumbu Jawa (Bumbu Kacang) atau Bumbu Padang. Sate ini dapat didapati di Pujasera (Pusat Jajanan Selera Rakyat) serta di Wisata Kuliner Kota Sabang, yang buka mulai jam 19. 00-23. 00 WIB.

3. Mie Pingsun 

Mie Pingsun

Mie ini dapat adalah satu diantara primadona Mie yang ada di Kota Sabang. Terkecuali populer dengan juga sebutan Mie Bang Mandra, lantaran penjualnya serupa dengan Mandra, Mie ini dikenal juga dengan Mie Seafood, lantaran mie ini digabung dengan beragam jenis Seafood, seperti Cumi-cumi, Udang, serta ikan, diluar itu ada daging serta sayur. Untuk SeafoodLover pastinya akan pilih mie ini.

Mie ini bisa dibeli di Toko Bermacam Ria, mulai berjualan jam 19. 00-23. 00 WIB. Untuk satu porsinya kita cuma butuh membayar Rp 10. 000 saja, harga yang layak untuk kesenangan tidak ada duanya.

4. Mie Sedap 

Mie Sedap

Nama mie sedap ini sendiri datang dari nama tokonya, ” Sedap “. Mie sedap ini telah ada mulai sejak saya masihlah kecil sampai saat ini. Rasa-rasanya yang unik bikin saya ketagihan untuk selalu menikmatinya tanpa ada jemu.

Buat yang belum pernah merasakan serta penasaran bagaimana memiliki bentuk, Mie sedap ini juga sangat minimalis, cuma mie, plus daging yang berupa dadu. Nampaknya cuma seperti mie yang umum saja, namun demikian kita cobalah mencicipinya, hmm, buat perasaan bagaimana gitu. Nendang banget!

Buat Anda yang datang ke Kota Sabang serta menginginkan mencicipi Mie Sedap ini, dapat segera datang ke Toko Sedap yang ada di Jalan Perdagangan, lantaran mie sedap ini cuma di jual disini. Mulai berjualan jam 08. 00- 22. 00 WIB. Datang, duduk serta segera pesan. Pesanan bakal selekasnya datang tidaklah sampai 10 menit, maklum kita memanglah mesti sedikit lama menanti, lantaran antrean konsumen yang demikian banyak, namun tidak permasalahan, lantaran kelezatan Mie Sedap selekasnya datang di depan kita, cuma dengan Rp 10. 000 saja.