Connect with us

Wisata Aceh

Air Terjun Unik yang Berada di Pinggir Jalan Tangse Pidie

Pidie

Air Terjun Unik yang Berada di Pinggir Jalan Tangse Pidie

Tak hanya memiliki beberapa pantai cantik, Kabupaten Pidie ternyata juga menyimpan pesona alam dibalik tebing-tebing yang menjulang tinggi. Berada di dataran tinggi Pidie, terdapat sebuah tempat wisata unik berupa air terjun cantik yang merupakan tempat favorit bagi para pengendara untuk melepas lelah dalam perjalanan. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Tangse.
 
Air Terjun Tangse memang sangat unik, karena letaknya yang tepat berada di pinggir Jalan Beureuneun-Geumpang. Air terjun tepat jatuh dari atas tebing batu yang berada disisi jalan, menciptakan sebuah fenomena unik seolah menjadi oase bagi para pengendara yang melintas. Keindahan alam sekitar berupa hamparan sawah, dan pepohonan hijau nan rindang juga menjadi pemandangan yang sangat sedap dipandang mata.

Air Terjun Tangse merupakan air terjun unik di Kabupaten Pidie yang letaknya tepat di pinggir jalan raya. Air terjunnya cukup indah berada tepat di dinding tebing, selain itu juga menawarkan pesona alam sekitar berupa hamparan sawah, dan perkebunan.

Secara geografis, letak Air Terjun Tangse berada pada Jalan Beureuneun-Geumpang Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer atau dengan melakukan perjalanan darat kurang lebih 2 jam dari ibukota Kabupaten Pidie, Kota Sigli. Sedangkan jika dari Banda Aceh, traveller perlu menempuh 4 jam perjalanan.
 
Jalan menuju ke air terjun ini terbilang cukup baik dan sudah diaspal dengan mulus. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi wisatawan sebaiknya lebih hati-hati, karena kondisi jalan yang berkelok dan ditemui banyak tanjakan. Selain itu, jangan memaksa datang ke Air Terjun Tangse jika cuaca tengah tak bersahabat, karena sering terjadi longsor yang bisa membahayakan keselamatan wisatawan.
 
Disepanjang jalan menuju ke air terjun, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah berupa pepohonan hijau, hamparan perkebunan dan sawah milik warga. Pemandangan alam ini akan senantiasa menemani wisatawan, serta menghilangkan rasa jenuh dalam perjalanan. Udara yang sejuk dan bebas dari polusi, juga sangat sehat untuk dihirup menggambarkan betapa indahnya alam Aceh.

Pesona Air Terjun Tangse

Deru air yang jatuh dari sisi-sisi tebing seolah menciptakan tirai air alami yang menyejukkan mata. Segarnya air yang menerpa bebatuan, menciptakan melodi yang menenangkan hati. Keberadaan Air Terjun Tangse yang berada di tepi jalan raya memang selalu menarik perhatian para pengendara, entah untuk menikmati kecantikkannya atau sekedar rehat sejenak dalam perjalanan.
 
Air Terjun Tangse memang tak seperti air terjun pada umumnya, karena tinggi dari air terjun ini hanya sekitar 5 meter. Ketika volume air meningkat, air terjun ini seakan memperlihatkan keindahannya karena terdapat beberapa aliran air terjun yang mengalir di kanan dan kiri air terjun utama. Sehingga tercipta sebuah pemandangan alam yang indah diantara lalu lalang kendaraan.
 
Aliran air terjun ini bermuara pada sebuah sungai yang berada di seberang jalan. Tempat wisata ini tak hanya menawarkan keindahan air terjun, tetapi juga panorama alam sekitar yang menawan berupa hamparan sawah hijau yang membentang dan tebing-tebing kokoh menjulang tinggi. Pepohonan yang tumbuh subur pun seolah menambah kesempurnaan tempat ini.
 
Ketika musim durian tiba, disekitar Air Terjun Tangse bisa dijumpai para penjual durian dadakan. Wisatawan bisa mencicipi lezatnya durian khas Kabupaten Pidie ini sembari menikmati keindahan air terjun. Tak hanya itu, pengunjung bisa menikmati secangkir kopi hangat di kedai-kedai sekitar air terjun untuk sekedar menghangatkan tubuh yang menggigil kedinginan.
 
Air yang mengaliri Air Terjun Tangse ini berasal dari sumber mata air pegunungan yang sangat jernih dan segar. Bahkan saking jernihnya, wisatawan bisa langsung meminum airnya. Namun berhati-hatilah ketika menuruninya, karena bebatuan yang terkena air sehingga cukup licin. Perhatikanlah selalu pijakan dalam melangkah, karena jika terpeleset maka wisatawan bisa tercebur ke sungai.
 
Keunikan Air Terjun Tangse ini memang patut untuk dilestarikan, karena sangat jarang ditemui fenomena air terjun yang tepat berada dipinggir jalan. Tak jarang, para pengendara yang mampir menyempatkan diri untuk berselfie ria dibawah air terjun.

Fasilitas Air Terjun Tangse

Sayangnya, faslitas di Air Terjun Tangse ini tergolong sangat minim. Tidak ditemukan fasilitas seperti toilet, mushola untuk beribadah dan juga tempat parkir yang aman. Biasanya wisatawan hanya memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan dekat air terjun. Jika ingin beribadah, pengunjung bisa menemukan masjid dan mushola di sepanjang Jalan Beureuneun-Geumpang.
 
Namun wisatawan tak perlu khawatir jika merasa lapar, karena disekitar air terjun ini terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman. Berbagai makanan seperti ikan bakar, mie instan, mie Aceh bisa dinikmati wisatawan, atau juga kopi dan teh hangat sekedar untuk melepas dahaga dari usai melakukan perjalanan.

Baca Juga : 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Wajib Dikunjungi dan Menarik

Jika ingin menginap, wisatawan bisa menyewa penginapan di Kecamatan Tangse yang jaraknya cukup dekat dengan air terjun ini. Berwisata di Air Terjun Tangse bisa menjadi pilihan menarik, apabila tengah melintasi Jalan Beureuneun-Geumpang. Berikut berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada ditempat tersebut.

Menikmati Keindahan Alam

Saat menyempatkan diri untuk berkunjung ke Air Terjun Tangse, kamu akan disuguhkan dengan air terjun mini lengkap dengan gemericik air yang jernih dan segar. Air terjun ini nampak eksotis, berada di pinggir jalan dan tepat didinding tebing batu. Kamu bisa menikmatinya dengan beristirahat di warung-warung sekitar air terjun sambil meneguk secangkir kopi.
 
Tak hanya keindahan air terjun saja, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar berupa hamparan sawah, perkebunan dan pepohonan hijau rindang yang menyejukkan mata. Terlepas dari keterbatasan fasilitas yang ada, tempat ini begitu alami dan asri, sangat cocok untuk refreshing dikala akhir pekan tiba.

Hunting Foto

Seolah menjadi suatu kewajiban, ketika berada di Air Terjun Tangse ini maka kamu harus mengabadikannya kedalam sebuah foto. Banyak dari wisatawan yang mampir di air terjun ini selalu menyempatkan diri untuk memotret keindahan air terjun ini. Kamu juga bisa berpose didepan kamera dengan background air terjun yang cantik ini.
 
Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan keindahan alam sekitar yang aduhai. Pemandangan alam yang ditawarkan dataran tinggi Pidie ini cukup memukau, dan layak untuk kamu potret. Apalagi jika kamu seorang fotografer yang menyukai landscape. Carilah angle yang pas, agar hasil fotomu menjadi lebih berkesan dan menawan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tangse

Untuk memasuki Air Terjun Tangse wisatawan sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

Tips Berwisata Air Terjun Tangse

  • Berhati-hatilah ketika menuju ke air terjun ini jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, karena jalan yang berliku dan sering ditemui tanjakan ekstrim.
  • Sebaiknya gunakan pakaian hangat, karena udara di tempat ini cukup dingin.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk memotret keindahan air terjun.
  • Jagalah kebersihan air terjun, dan jangan kotori tempat wisata ini dengan sampah.
  • Jagalah kelestarian air terjun, dengan tak merusak apapun yang ada didalamnya.
  • Berdoalah sebelum berangkat, agar perjalanan mu lancar sesuai dengan rencana.

Comments

More in Pidie

Popular

To Top