Connect with us

Wisata Aceh

Enaknya Cemilan Rujak Rumbia Pliek-U dan Rasakan Sensasi Asin Pedasnya

Kuliner

Enaknya Cemilan Rujak Rumbia Pliek-U dan Rasakan Sensasi Asin Pedasnya

ACEH dikenal sebagai wilayah dengan berbagai macam makanan khas yang menjadi idola para pecinta kuliner, salah satunya adalah Pliek-U atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama patarana.

Pliek-U memang dikenal sebagai salah satu bahan pembuatan makanan khas Aceh yang paling digemari yaitu kuah Pliek-U. Masakan sejenis gulai ini terdiri dari beragam sayur-sayuran.

Pliek-U atau patarana adalah ampas kelapa yang telah dibusukkan untuk diperas minyaknya. Sejak dahulu, masyarakat Aceh sering mengolah kelapa untuk diambil minyaknya. Minyak ini biasa digunakan sebagai minyak goreng. Ampas dari olahan kelapa ini kemudian dikeringkan dengan dijemur sehingga menghasilkan Pliek-U yang berwarna kecoklatan.

Namun siapa sangka, Pliek-U juga sering dijadikan bumbu colek saat merujak, campuran Pliek-U, garam, gula dan cabai rawit sebagai bumbu colek untuk mangga muda, pisang muda, salak, jamblang, dan rumbia. Merujak dengan Pliek-U adalah kegiatan yang sering dilakukan untuk mengisi waktu kosong dalam aktifitas sehari-hari di Aceh.

Untuk anda yang sedang berada di wilayah Kota Banda Aceh, tidak ada salahnya jika sesekali merasakan nikmatnya ngerujak dengan buah salak serta buah rumbia, buah yang sudah mulai langka didapatkan tersebut dan tentunya dengan dicolek pakai Pliek-U.

Tidak banyak yang jual buah RUmbia ini di Banda Aceh, Aceh. Bila ingin membelinya, Anda mesti ke pesan ke akun instagram @pliek_u yang berada di Lambaro Skep dengan harga 10rb/porsi atau anda juga bisa delivery.

Cemilan khas Aceh Plik U dengan Salak dan buah Meria ( Rumbia). Rasa kelat manis buah salak dan buah rumbia serta rasa pedas asin bercampur dengan rasa Plik U yang khas, membuat kita selalu ketagihan ketika menyantapnya.

Bagi anda yang mau rasa enaknya cemilan khas Aceh ini bisa menghubungi @pliek_uuntuk area Banda Aceh atau via whatsapp dengan 08116825553. Selamat mencoba sahabat travel.[sumber mediaaceh.co]

Comments

More in Kuliner

To Top