Menikmati sinar matahari di pantai berpasir putih, berselancar di ombak laut yang biru, serta menanti keanggunan matahari tenggelam bukan sekedar dapat di nikmati di Bali. Aceh miliki Pantai Lampuuk yang mempunyai semuanya keunggulan itu. Pantai yang ada di lokasi Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, ini menghadap ke Samudra Hindia.
 
Tempat Pantai Lampuuk persisnya di lokasi barat Aceh, sekitaran 15 km. dari Banda Aceh. Keadaan jalan menuju ke tempat itu cukup bagus hingga mempermudah wisatawan. Belum ada angkutan umum kesana hingga wisatawan mesti memakai kendaraan pribadi.
 Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk mempunyai garis pantai selama sekitaran 5 km. Pantai ini berpasir putih bersih nan lembut, air laut berwarna biru kehijauan, serta ombak yang bersahabat untuk beberapa peselancar. Ke arah daratan ada pohon-pohon pinus yang rimbun serta lebih jauh lagi tampak jejeran pegunungan yang hijau.
 
Saat Wisata Aceh ke pantai itu pada 13 Januari lantas, tampak beberapa pengunjung nikmati situasi pantai itu. Ada pengunjung yang berenang sambil bermain ombak, ada yang bikin istana dari pasir, ada yang bermain banana boat, serta ada juga yang sebatas duduk di pinggir pantai atau di pondokan sambil minum es kelapa muda.
 
Saat petang mendekati, pengunjung juga bergegas ke tepi pantai menunggu sang surya turun ke peraduannya. Umumnya mereka bersiap dengan kamera semasing untuk mengabadikan keindahan alam saat sang surya tenggelam di ufuk barat.
 
Pemandangan alam itu bikin Pantai Lampuuk jadi satu diantara primadona wisata di Aceh. Terlebih, pantai itu ada di daerah perkampungan yang masihlah sepi serta tenang. Disana, wisatawan dapat sebentar melepas capek dari hiruk-pikuk situasi kota yang bising.
Berbeda dengan pantai Kuta, ketika musim hujan yang cukup deras di Bali membuat sungai meluap. Alhasil sampah-sampah yang ada di sungai terbawa ke laut. Termasuk kotoran manusia. Sampah-sampah itu lantas berakhir di Pantai Kuta.
 
Ini membuat awal Maret lalu otoritas Pantai Kuta melarang turis berenang di pantai tersebut lebih dari 30 menit. Khawatir terkena infeksi kulit. Selain masalah polusi di pantai, lanjut Marshall, Bali juga mengalami problem kekurangan air, listrik mati hidup, sampah yang berserakan, drainase, hingga kemacetan serta kriminalitas.
Yuk intip indahnya Lampuuk Aceh

 

A post shared by Wisata Aceh® (@wisataaceh) on

A post shared by Sri Rahmadani (@dhany_dblizt33) on

A post shared by SiNuVah (@nurol_vahzela) on

A post shared by Wisata Aceh® (@wisataaceh) on

  • Amir Dayyan

    Admin, Uda lihat video @meugapcommunity?

    Karang lampuuk & Freediving
    Klik : https://youtu.be/5nAiPkz4ym0

    • wisataaceh

      sudah. mantap kali videonya. kita masukkan dalam tulisannya ya

      • Amir Dayyan

        Silahkan. Video kita juga tuk promosi laut aceh ^_^
        Smoga bermanfaat!