Connect with us

Wisata Aceh

Pulau Rubiah, Spot Snorkeling Terbaik di Aceh

Sabang

Pulau Rubiah, Spot Snorkeling Terbaik di Aceh

Kota Sabang merupakan daerah administratif yang berada di ujung utara Provinsi Aceh. Daerah in terdiri dari beberapa kepulauan yang dikenal menawarkan pesona wisata bahari memukau. Pulau-pulau di Sabang menjadi buruan bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara untuk menikmati keindahan dunia bawah laut, serta pantai-pantai nan eksotis. Salah satu pulau yang cukup terkenal adalah Pulau Rubiah.
 
Pulau Rubiah adalah sebuah pulau tak berpenghuni, yang memiliki keindahan bawah laut nan mempesona. Bahkan, saking indahnya panorama yang ditawarkan, pulau ini juga dijuluki sebagai Taman Laut Rubiah. Kondisi pulau yang masih alami, serta terjaga kelestariannya membuat tempat wisata ini bagaikan surga bagi para pecinta snorkeling dan diving.
Secara geografis, Pulau Rubiah masih merupakan bagian dari Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pulau ini letaknya disebelah barat laut dari Pulau Weh. Untuk menuju ke pulau, wisatawan bisa menggunakan rute dari Banda Aceh menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue, lalu menggunakan kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Weh. Jadwal keberangkatan kapal ini dibuka setiap dua hari sekali.
 
Setelah tiba di Pulau Weh, wisatawan harus terlebih dahulu menuju ke Pantai Iboih. Dari sini pengunjung bisa menyewa perahu motor atau speedboat untuk menuju ke Pulau Rubiah. Perjalanan menuju ke pulau dari Pantai Iboih ini hanya sekitar 20 menit saja. Harga sewa yang dipatok pun terbilang cukup bersabahat, yaitu mulai Rp. 20.000 per orang.
 
Pesona Pulau Rubiah
Ketika tiba di Pulau Rubiah, wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Hamparan lautan luas berwarna biru dengan air yang jernih, perbukitan hijau, serta pantai lengkap dengan pasir putihnya akan memanjakan mata para pengunjung. Perahu-perahu kecil yang berlalu-lalang juga akan dijumpai oleh wisatawan.
 
Pada sekitar tahun 1900, pulau ini dijadikan sebagai transit bagi para jemaah haji yang akan pergi ke Mekkah. Pada zaman dahulu memang belum ada pesawat, sehingga jemaah haji pun harus menggunakan kapal. Selain itu, pada masa peperangan tempat ini juga pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan yang hingga kini masih bisa dilihat sisa-sisa benteng tersebut.
Saat berkunjung ke Pulau Rubiah, tak lengkap rasanya jika tak menikmati keindahan alam bawah lautnya. Wisatawan bisa bersnorkeling ria atau pun juga diving, untuk melihat berbagai biota laut yang hidup dibawahnya. Arusnya cukup tenang, dan tidak terlalu kuat sehingga bagi para pemula pun bisa melakukan snorkeling dan diving di pulau ini.
 
Keindahan alam bawah laut yang dimiliki Pulau Rubiah ini sungguh menakjubkan, terdapat berbagai jenis ikan hias seperti ikan badut atau yang sering disebut ikan nemo, ikan kepe-kepe, ikan botana biru, ikan karang, angel fish, lion fish dan masih banyak lagi. Dengan berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar, ikan-ikan ini akan senantiasa menemani wisatawan saat snorkeling.
 
Tak hanya aneka jenis ikan yang cantik, terdapat pula berbagai spesies terumbu karang yang menghiasi panorama bawah laut di Pulau Rubiah ini. Aneka terumbu karang berwarna warni, anemon laut, bintang laut, dan alga hidup serasi bersama ikan-ikan yang berenang kesana kemari. Kelestarian panorama bawah laut yang ada dipulau ini juga terjaga dengan sangat baik.
 
Jika tak bisa berenang, wisatawan pun masih bisa menikmati keindahan dunia bawah laut di Pulau Rubiah dengan menyewa kapal yang alasnya terbuat dari kaca. Tanpa perlu berbasah-basahan kamu bisa menikmati aneka biota laut dari atas kapal, jernihnya air laut juga memudahkan wisatawan untuk melihat pemandangan bawah laut hingga kedalaman 15 meter.

Fasilitas Pulau Rubiah

Meskipun telah menjadi tujuan wisata bahari yang dikenal hingga ke mancanegara, fasilitas di Pulau Rubiah ini masih terbilang sangat minim. Di lokasi pulau, hanya terdapat satu penginapan saja dengan dua kamar. Hal ini dikarenakan, pulau yang tak berpenghuni, kebanyakan para wisatawan dan warga setempat akan kembali ke Pantai Iboih.
 
Selain itu, di pulau juga masih belum ditemukan mushola untuk beribadah, wisatawan bisa beribadah di sekitar Pantai Iboih. Di Pulau Rubiah, untungnya masih terdapat beberapa penjual makanan dan minuman, sehingga wisatawan tak perlu takut jika merasa kelaparan atau haus usai menyusuri keindahan pulau.
Bagi yang ingin snorkeling, disekitar pulau juga terdapat banyak persewaan alat snorkeling dan diving yang cukup lengkap. Selain itu, terdapat juga jasa pemandu dan persewaan foto under water. Jika ingin menginap, dan tak kebagian kamar dipenginapan di Pulau Rubiah, wisatawan bisa menginap di bungalow yang ada disekitar Pantai Iboih.
 
Keindahan alam yang ditawarkan pulau ini memang begitu menggoda, tempat wisata satu ini bisa menjadi alternatif liburanmu. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di Pulau Rubiah.

Snorkeling dan Diving

Kegiatan snorkeling dan diving, menjadi hal yang wajib kamu lakukan jika berkunjung ke pulau ini. Pulau ini memang bak surga bagi para pecinta snorkeling dan diving. Kamu akan dimanjakan dengan sebuah akuarium raksasa dengan berbagai keindahan biota laut dibawah, seperti ikan-ikan hias nan cantik dan terumbu karang indah.
 
Kamu bisa dengan sepuasnya berenang bersama ikan-ikan kecil sepanjang hari, serta menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Rubiah. Arusnya sangat tenang, dan bersahabat bagi para pemula, jernih dan segarnya air juga menjadi nilai tambah dari tempat ini. Di pulau eksotis ini, kamu akan tersihir dengan keindahannya dan dibuat betah berlama-lama.

Berkeliling Menikmati Keindahan Pulau

Tak hanya snorkeling atau diving saja, kamu juga bisa berkeliling menikmati keindahan Pulau Rubiah. Dengan menyewa perahu motor, kamu akan dibawa menuju spot-spot terbaik yang menawarkan panorama alam mempesona. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan bawah laut dengan menyewa kapal beralas kaca.
 
Deretan perbukitan nan hijau, pegunungan menjulang tinggi, serta hamparan samudra nan luas menjadi sebuah fenomena alam yang sungguh menawan. Angin sepoi-sepoi yang tiada hentinya berhembus, juga akan semakin membuatmu merasa nyaman. Tempat ini memang sangat cocok, untuk refreshing serta bulan madu bersama pasangan.

Hunting Foto

Jika kamu mencintai dunia fotografi, dan tengah mencari landscape yang indah, maka Pulau Rubiah ini sangat cocok menjadi destinasi huntingmu. Disini kamu tak hanya bisa mengabadikan keindahan alam saja, tetapi juga memotret dibawah laut. Terdapat banyak sekali objek menarik seperti hamparan pasir putih, lautan luas nan biru, serta perbukitan hijau.
Hunting foto dibawah laut nampaknya menjadi sesuatu yang anti mainstream, disini kamu bisa memotret ikan-ikan nan cantik serta terumbu karang. Jika kamu tak memiliki kamera under water, kamu pun bisa menyewanya di pulau ini. Berfoselah sebagus mungkin, dan pemandu akan dengan senang hati memotretmu bersama ikan-ikan yang berenang.

Akomodasi ke Pulau Rubiah

Biaya untuk menyewa kapal dari Pantai Iboih ke Pulau Rubiah mulai dari Rp. 20.000 per orang untuk pulang pergi. Untuk menyewa kapal kaca, biaya mulai Rp. 350.000 untuk 10 hingga 15 orang.

Tips Berwisata di Pulau Rubiah

  • Jangan berkunjung pada saat bulan Ramadhan, karena bulan ini tidak ada aktivitas melaut.
  • Hari Kamis hingga Jum’at juga dipercayai tidak boleh ada aktivitas melaut.
  • Hari Raya Haji, hari kemerdekaan Indonesia, hari peringatan tsunami juga tidak boleh melaut.
  • Bawalah barang secukupnya, agar tidak menyusahkanmu ketika berada dipulau.
  • Sebaiknya jika belum pernah snorkeling atau diving, gunakanlah pemandu.
  • Jagalah kebersihan Pulau Rubiah, dan jangan mengotorinya dengan sampah.
  • Jagalah kelestarian pulau, dan jangan merusak fasilitas serta keindahan pulau.

Comments

More in Sabang

To Top