Visit ASEAN@50: Golden Celebration, Most Unforgettable Experience Fam Trip Tahap IV 2017 | Wisata Aceh

 

Dalam rangka mendukung perayaan 50 tahun berdirinya ASEAN pada tahun 2017, Kementerian Pariwisata mengadakan kegiatan Perjalanan Wisata Pengenalan (Familiarization Trip) bagi jurnalis dari negara-negara Asia Tenggara. Dengan mengusung tagline Visit ASEAN@50: Golden Celebration, perayaan ASEAN ke-50 ini bertujuan merangkul negara-negara anggota ASEAN untuk bersatu dan mendukung ASEAN sebagai tujuan wisata dunia (ASEAN as a single and united destination).

 

Visit ASEAN@50: Golden Celebration akan menyorot 50 festival dan 50 pengalaman berwisata yang tak terlupakan di negara-negara ASEAN. Kementerian Pariwisata menyambut momen perayaan ini dengan mengundang 25 jurnalis dari negara-negara di Asia Tenggara untuk mengikuti Most Unforgettable Experiences Fam Trip yang dilaksanakan di lima paket destinasi terbaik Indonesia. Pelaksanaan kegiatan Fam Trip ini dimulai dari bulan Maret hingga Juni 2017 yang diikuti oleh 3-8 orang jurnalis untuk setiap paket destinasi yang dikunjungi. Paket destinasi wisata yang diperkenalkan antara lain: Jawa Timur – Bali (21-24 Maret 2017), Yogyakarta – Solo (3-7 April 2017), Labuan Bajo – Komodo (17-21 April 2017), Aceh – Sumatera Utara (1-5 Mei 2017), dan Makassar – Toraja (5-9 Juni 2017).

 

Kali ini, pelaksanaan kegiatan Most Unforgettable Experiences Fam Trip tahap empat di Aceh dan Sumatera Utara diikuti oleh 4 (empat) orang jurnalis asal Vietnam (Vietnamnet), Laos (Lao New Agency), Brunei Darussalam (Sutera.co), dan Malaysia (Gaya Travel Magazine). Rangkaian kegiatan yang akan diikuti peserta antara lain site visit ke obyek-obyek wisata di Aceh dan Sumatera Utara seperti Museum Tsunami Aceh, Kampung Lampulo, Mesjid Raya Baiturrahman, KM 0, Istana Maimun, Danau Toba, Taman Lumbini, dan lainnya. Selain itu juga diadakan media gathering pada saat farewell dinner di Medan dengan mengundang jurnalis pariwisata ataupun travel blogger lokal untuk saling berbagi informasi mengenai pariwisata di destinasi yang didatangi.

 

Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman calon wisatawan di Asia Tenggara mengenai destinasi pariwisata di Indonesia, khususnya Aceh dan Sumatera Utara. Selain itu dengan publikasi yang baik dan menarik juga dapat meningkatkan minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

Leave a Comment